Gerakan Bersama Kepedulian Sosial, Politik, Hukum, dan HAM (Geber Ke Sospohukham)

TAMIANG LAYANG BARTIM,–Drs. Osa Awatanu, M.Si sebagai Staf Ahli Bupati dan Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur pada hari ini di Gedung Pertemuan Umum Mantawara, Tamiang Layang telah menyelesaikan salah satu proses tahapan kegiatan untuk mendukung Proyek Perubahan (PROPER) yang harus dipenuhi sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional  (PKN)  dengan Tema Gerakan Bersama Kepedulian Sosial, Politik, Hukum, dan HAM (Geber Ke Sospohukham) , kegiatan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan pada hari ini Rabu (21/8/2024). Selain peresmian Geber Ke Sospohukham, juga dilaksanakan penyuluhan kepada aparatur pemerintah desa, Karang Taruna, dan Pekerja Sosial Masyarakat. Penyuluhan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang hak-hak kesejahteraan sosial, politik, hukum, dan HAM, agar peserta dapat berperan aktif dalam mengidentifikasi, berkoordinasi, dan mengambil tindakan yang tepat di lapangan.

“Gerakan ini akan fokus pada peningkatan kepedulian sosial, politik, hukum, dan HAM, dengan target awal mencakup 18 desa di Kabupaten Barito Timur. “Meskipun tahap awal hanya melibatkan sebagian desa, kami berharap gerakan ini bisa menjadi pemicu bagi desa lainnya untuk ikut serta, sehingga cakupannya bisa meluas ke seluruh desa, Kondisi sosial yang kita hadapi saat ini membutuhkan tindakan nyata dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Melalui Geber Ke Sospohukham, kami berharap bisa mendorong masyarakat untuk lebih peduli dan saling membantu, khususnya bagi mereka yang membutuhkan pelayanan kesejahteraan sosial,” salah satu point penting terkutip dari sambutan yang disampaikan langsung oleh Bapak Pj.Bupati Barito Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan instansi vertikal, Kepala Organisasi Perangkat Daerah,Camat, kepala desa se-Kabupaten Barito Timur, serta perwakilan berbagai organisasi kemasyarakatan dan sosial dengan harapan besar agar gerakan ini mampu membangkitkan kesadaran sosial di masyarakat dan memberikan manfaat optimal bagi Pemerintah Kabupaten Barito Timur serta masyarakat luas.(ikinsay)