Awal Oktober DPMDSos Kab.Bartim, Maknai Hari Kesaktian Pancasila

Tamiang Layang-Barito Timur—-Oktober 2024 telah menyapa. Kalender dengan 31 hari tersebut telah menyiapkan panggungnya. Tinggal diisi momen bermaknanya. Awal Oktober, kembali lagi ASN, PPPK dan Tenaga PHT/PHL DPMDSos Kabupaten Barito Timur menunjukkan aktivitasnya.

Penerapan E-Government Melalui LEPAS LABEL (Implementasi Kapasitas Layanan Berbasis Elektronik) DPMDSos Kab.Bartim

Selasa (01/10/2024) menjadi hari produktif pertama dalam kalender Oktober. Pada hari itu dilakukan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur.

Tema yang diangkat tahun ini adalah “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas,” di mana menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mencapai cita-cita bersama. Dalam suasana perayaan ini, kita diajak untuk merenungkan kembali peran Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Peristiwa historis bagi Bangsa Indonesia tersebut diperingati agar pesan masa lampau selalu mengalir kepada generasi selanjutnya. Menunjukkan kepada tunas-tunas muda bangsa bahwa dasar negara, yaitu Pancasila tidak dapat digantikan oleh ideologi-ideologi lain.

“Seperti yang telah kita semua ketahui, bahwa peristiwa G30S tahun 1965 membawa duka dan petaka bagi sejarah Bangsa Indonesia. Dimana pada saat itu ada ‘oknum-oknum’ yang ironisnya berasa dari bangsa Indonesia sendiri yang justru ingin mengubah nilai-nilai Pancasila. Tujuh perwira tinggi menjadi korban dari peristiwa tersebut. Namun Pancasila tetap kokoh berdiri. Tetap ‘sakti’ sebagai pedoman hidup bangsa. Generasi muda, selalu terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan ,”

Pancasila bukan hanya sekadar lambang negara, tetapi juga menjadi pedoman hidup bagi seluruh warga negara. Hari Kesaktian Pancasila 2024 mengajak kita untuk memahami dan menghayati nilai-nilai luhur yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. Dengan menginternalisasi nilai-nilai tersebut, kita dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan masyarakat yang harmonis dan toleran. (ikinsay)