Yedivia Rum, SH.MH Sosok Pemimpin Kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur

Sosok Pemimpin Kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur

TAMIANG LAYANG-BARTIM : Yedivia Rum.SH .MH adalah putra asli Papua selama ini bertugas sebagai kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Nabire telah menuntaskan beberapa kasus, Baik itu Perkara Korupsi Bank Papua, Korupsi  perkara homestay, Pengembalikan aset pemda paniai, serta beberapa perkara lainnya.

Ada pun beberapa kasus lainnya yang telah diselesaikan semenjak kepemimpinan Yedivia Rum, seperti Pembunuhan, perkosaan, UU Darurat, Perzinaan, Pelindungan Anak, Narkotika, Pencurian, Perbankan, Pengelapan, Penganiayaan, Penadahan serta masih banyak perkara yang diselesaikan.

Perkara yang paling menonjol selama berkarir di Kejari Nabire adalah pencurian dengan pemberatan yang jumlah perkara sebanyak 30 dan Perkara penganiayaan sebanyak 15, perjudian jumlah perkara 14, masih banyak perkara yang telah di selesaikan dalam kasus Pidana Umum (Pidum), kurang lebih sekitar 130 perkara.

Yedivia Rum.SH,MH menjadi Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Nabire dirinya pun pernah mengembang tugas menjadi ketua PANWAS Pemilihan Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Tengah (PPT), yang pertama di Papua Tengah sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB).

Sebagai Ketua Panitia pengawas MRP- PPT sudah tentu gejolak dan tekanan silih berganti, akan tetapi sebagai ketua Panwas tetap berpatokan pada aturan serta kaidah yang telah ditentukan, sehingga semua proses berjalan dengan baik dan hingga sukses.

Selama kepimpinan di Kejaksaan Nabire ia pun mampu membangun TK Adhyaksa Nabire yang pertama di tanah Papua yang berlokasi di jalan Bhayangkara Kota lama Nabire Papua Tengah,  serta membuat kantin Adhyaksa Nabire di Kantor kejaksaan Negeri Nabire.

Banyaknya kasus yang telah diselesaikan saat kepemimpinan Yedivia Rum SH.MH dengan keberhasilannya  sebagai putra Papua  dirinya di promosikan menjadi kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur di Tamiang Layang Kalimantan Tengah.

Yedivia Rum dipromosikan menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur di Tamiang Layang Kalimantan Tengah mengantikan Daniel Pananangan.SH.MH yang kini bertugas kepala kejaksaan Negeri Grobongan di Porwodadi Jawa tengah. 

“Semua saya lakukan dengan tulus, mengembang tugas dengan baik semua akan Tuhan tunjukkan yang terbaik. Sebagai manusia mempunyai keterbatasan,kelemahan, serta kekurangan,sebab kesempurnaan itu milik sang Ilahi. Saya dipromosikan pindah ke kalimantan Tengah tepatnya di Barito Timur  ini adalah tugas dan perintah Pimpinan,”ujar Yedivia Rum.SH.MH,

Drs. OSA AWATANU, M.Si Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur pada hari ini Rabu (28Agustus 2024) turut menghadiri acara pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Timur.(ikinsay)