Pencanangan dan Sosialisasi DESA STATISTIK (DESA CANTIK) Tahun 2024

Desa Dorong Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur

Penerapan E-Government Melalui LEPAS LABEL (Implementasi Kapasitas Layanan Berbasis Elektronik) DPMDSos Kab.Bartim

TAMIANG LAYANG-BARITO TIMUR—-Mewakili Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur (Drs.Osa Awatanu, M. Si), Sekretaris DPMDSos (Christian Pantamei)  beserta Kasubbag Perencanaan dan Keuangan (Riani Winata) diperintahkan untuk hadir sesuai dengan Surat Undangan BPS Kabupaten Barito Timur Nomor : B.286/62120/VS.220/2024 tanggal 27 Agustus 2024 pada Kegiatan Pencanangan dan Sosialisasi Desa Cinta Statistik (DESA CANTIK) Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Dorong Kecamatan Dusun Timur.(Kamis, 05/09/2024).

Pada kesempatan setelah sambutan Kepala Desa Dorong dan Sambutan dari Kepala Diskominfosantik , Plt. Kepala DPMDSos Kabupaten Barito Timur diberikan waktu untuk menyampaikan Sambutan pada acara pembukaan, Sekdis atas nama Plt.Kadis menyampaikan beberapa penekanan penting yang disampaikan antara lain , berkaitan dengan DESA CANTIK tersebut.

“Kami menyambut baik Pencanangan Desa Cantik ini karena tentu sangat mendukung tugas-tugas statistik dan menjadi sumber data yang sangat penting bagi pengambilan kebijakan pemerintah.

Pencanangan Desa Cantik merupakan langkah yang sangat baik karena data yang dihasilkan akan menjadi dasar bagi proses perencanaan pembangunan, sudah masanya semua harus berbasis data agar hasil pembangunan bisa lebih efektif dan bermanfaat tepat sasaran bagi kesejahteraan masyarakat.

Agen Statistik yang ada di desa akan dibantu dalam mengumpulkan data, data tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung proses pembangunan dan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan oleh pemerintah daerah khususnya instansi terkait.

Diharapkan desa-desa lain di Kabupaten Barito Timur juga dapat mengikuti jejak Desa Dorong ini dan dicanangkan sebagai Desa Cantik. Dengan begitu, kita dapat memastikan bahwa pembangunan di Kabupaten Barito Timur benar-benar berbasis pada data yang akurat diperoleh dari data pada desa.

Untuk itu perlu lagi kedepannya lebih komprehensif terjadinya kerjasama dan koordinasi yang baik dan berkelanjutan antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Kominfosantik, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial, pihak Kecamatan serta instansi terkait lainnya berkolaborasi bersama BPS, dalam melakukan pembinaan pengembangan program ini di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Barito Timur, “ ujarnya, dan selanjutnya diteruskan diberi waktu dan kesempatan untuk sambutan oleh Kepala BPS Kabupaten Barito Timur.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan pencanangan oleh Kepala BPS Kabupaten Barito Timur dan diakhiri dengan sesi fhoto bersama dengan beberapa unsur undangan yang ada seperti BPS, DPMDSos, Diskominfosantik, Kecamatan Dusun Timur, Perangkat Desa Dorong, Haringen dan Jaweten. Pemaparan materi dilanjutkan oleh tim Pembina Desa Cantik dari BPS Kabupaten Barito Timur yang disampaikan ke peserta dari utusan perangkat desa yang hadir pada kegiatan tersebut. (ikinsay)