Hadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci

TAMIANG LAYANG, BARTIM- Apel kehormatan dan renungan suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Satria Ampah, Jumat (16/08/2024) malam, menjadi sebuah rangkaian dari Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia Pemerintah Kabupaten Barito Timur bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Penjabat (Pj.) Bupati Barito Timur (INDRA GUNAWAN) bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur (PANAHAN MOETAR) hadir serta mengikuti apel yang berlangsung secara khidmat tersebut, dan perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur mewakili Plt. Kepala Dinas dihadiri oleh Kepala Bidang Sosial dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito.

Apel yang rutin dilakukan setiap tahun menjelang peringatan HUT RI ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan yang tinggi bagi para pahlawan yang telah gugur dalam meraih kemerdekaan. Pada kesempatan ini, yang bertindak sebagai inspektur upacara dan Upacara yang berlangsung khidmat ini dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur, Daniel Panannangan.

Apel dan renungan suci ini diharapkan menjadi momen untuk merenungi makna perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Karena berkat pengorbanan para pahlawan kemerdekaan dan seluruh tumpah darah rakyat kala itu, Indonesia dapat merasakan kemerdekaan seperti saat ini yaitu untuk menghormati jasa para pahlawan. Sekaligus menumbuhkan rasa nasionalisme, memperkokoh nilai-nilai Pancasila, dan menyampaikan pesan moral kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Sebagai warga negara Indonesia diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang mampu melanjutkan perjuangan para pahlawan dan membangun bangsa yang lebih maju dan sejahtera,” ungkap Plt. Kepala Dinas melalui Kabid Sosial Tuberta Hartano, S.KM, MM. (ikinsay)