DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

Capacity Building TAGANA Barito Timur

Kepala DPMDSos Ir. Barnusa, MM Berfoto Bersama dengan anggota TAGANA Kabupaten Barito Timur

MEDIA DPMDSos, Tamiang Layang – Dalam rangka peningkatan kemampuan anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Barito Timur menghadapi bencana alam dan bencana sosial yang terjadi di wilayah Kabupaten Barito Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Dan Sosial (DPMDSos) Kabupaten Barito Timur melaksanakan kegiatan Capacity Building bagi anggota TAGANA selama satu hari pada tanggal 17 Juni 2021.

Simulasi Pendirian Shelter

Kegiatan yang diikuti oleh 19 orang peserta dari anggota TAGANA yang ada di Barito Timur dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 menghadirkan pelatih dari TAGANA Provinsi Kalimantan Tengah Ahmad Sholihin yang juga menjabat sebagai koordinator TAGANA Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari di halaman kantor DPMDSos Barito Timur dimulai pukul 06:00 dan berakhir pukul 15:00 WIB.

Simulasi Penyediaan Makanan Di Dapur Umum Lapangan

Kepala DPMDSos Barito Timur Ir. Barnusa, MM dalam arahannya mengharapkan peran aktif anggota TAGANA Barito Timur jika terjadi bencana wilayah Barito Timur. “Walau daerah kita tidak terlalu rawan terjadi bencana alam namun kesiagaan perlu dijaga, dan salah satu pihak yang punya peran penting jika terjadi bencana adalah relawan sosial TAGANA”, ucap Kadis. “Oleh karena itu anggota TAGANA perlu ditingkatkan kemampuannya dalam hal penanggulangan bencana melalui kegiatan capacity building ini”, tambah Kadis

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Peserta Capacity Building oelh Kepala DPMDSos Kabupaten Barito Timur

Adapun materi kegiatan capacity building yang diberikan adalah tentang penanggulangan Karhutla, pendirian shelter, operasional dapur umum lapangan dan bimbingan psikososial kepada korban bencana. Kegiatan dalam bentuk simulasi langsung tersebut dilaksanakan dibawah supervisi Koordinator TAGANA Provinsi Kalimantan Tengah. Diakhir kegiatan semua peserta dan trainer diberikan piagam penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Kepala DPMDSos Barito Timur. (Admin)