DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

Begini Pesan Srikandi Karang Taruna Barito Timur Pada HUT Karang Taruna Ke 60

Srikandi Karang Taruna Barito Timur, Ririn Dan Nina

MEDIA DINSOS, Tamiang Layang – Hari Ulang Tahun Karang Taruna adalah momen istimewa bagi seluruh anggota Karang Taruna di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Barito Timur, biasanya berbagai kegiatan dilaksanakan oleh pengurus Karang Taruna baik tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten. Namun tahun 2020 ini HUT Karang Taruna tidak bisa diselenggarakan dikarena wabah Covid-19 melanda di Kabupaten Barito Timur. Namun tidak diselenggarakannya HUT Karang Taruna seperti Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) tidak menyurutkan semangat anggota Karang Taruna di Kabupaten Barito Timur untuk memperingatinya, walaupun hanya sebatas ucapan maupun kegiatan virtual.

Seperti yang diungkapkan oleh dua orang anggota perempuan Karang Taruna Kabupaten Barito Timur yang dalam organisasi Karang Taruna biasa disebut dengan istilah srikandi yakni Nina Asmarni dan Ririn Teluni. Menurut Nina panggilan akrab Nina Asmarni yang saat ini menjabat sebagai bendahara Karang Taruna Kabupaten Barito Timur, dia sangat bangga sekali bisa menjadi bagian dari organisasi Karang Taruna Barito Timur. “Saya senang dan bangga bisa bergabung dengan Karang Taruna, karena di Karang Taruna saya jadi banyak belajar tentang manajemen organisasi, serta membangun jiwa kepedulian sosial”, ungkap mahasiswi yang bekerja sebagai Perangkat Desa Harara Kecamatan Dusun Timur ini

Kampanye anti narkoba di media sosial oleh srikandi Karang Taruna
Kabupaten Barito Timur

“Di Karang Taruna saya juga jadi banyak teman dan pengalaman, pokoknya ikut kegiatan Karang Taruna itu menyenangkan”, ucap cewek yang punya hobby menyanyi ini. Sementara rekannya Ririn Teluni juga mengungkapkan hal tidak jauh beda, Ririn berharap di momen HUT Karang Taruna Ke 60 ini lebih meningkatkan peran nyata Karang Taruna dalam berkarya kepada masyarakat. “Karang Taruna adalah organisasi sosial, jadi hendaknya para anggotanya bisa membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial di lingkungan masing-masing”, tutur Ririn.

Penyemprotan disinpektan ke fasilitas umum pencegahan Covid-19 oleh srikandi
Karang Taruna Kabupaten Barito Timur

Selanjutnya mahasiswi yang juga bekerja sebagai Perangkat Desa Ipu Mea Kecamatan Karusen Janang ini menambahkan bahwa di Karang Taruna adalah tempat pembelajaran diri agar bisa menjadi bagian yang berguna dalam masyarakat. “Jangan sampai kita generasi muda terjebak dalam penyalahgunaan narkoba, karena apabila sudah terjebak narkoba maka hancurlah masa depan”, lanjut cewek murah senyum ini

Penyebaran brosur kampanye PHBS pencegahan Covid-19 oleh srikandi Karang Taruna Kabupaten Barito Timur

Ketika ditanya apa harapan kepada pemuda terkait pandemi Covid-19 yang sedang melanda Kabupaten Barito Timur saat ini, kedua srikandi Karang Taruna Barito Timur ini kompak berpendapat bahwa pemuda punya peran strategis untuk membantu penanggulangan Covid-19. “Salah satu yang bisa kita Karang Taruna lakukan adalah melakukan edukasi pola hidup bersih kepada masyarakat”, ujar Nina. “Hindari dulu kegiatan berkerumun dan kalau keluar rumah jangan lupa Makai masker”, tambah Nina. “Setidaknya dari kita pemuda Karang Taruna dulu menjadi contoh menjalankan protokol kesehatan Covid-19, mari kita bantu pemerintah untuk menanggulangi Covid-19 di Kabupaten Barito Timur”, timpal Ririn mengakhiri perbincangan. (Admin)