DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

DTKS 2020 Telah Selesai Difinalisasi Oleh Dinsos Bartim

Sempat tertunda gara-gara pandemi Covid-19, kegiatan finalisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS (sebelumnya bernama Basis Data Terpadu/BDT-Red) Kabupaten Barito Timur telah selesai difinalisasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur H. Rusdianor, S.Sos.,M.AP melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dan Penanganan Fakir Miskin Santai Nyawit, S.Sos., M.Si di kantor Dinas Sosial Selasa, 15 September 2020.

Menurut Santai, DTKS yang difinalisasi tersebut adalah data hasil verval tahun 2020 yang dilaksanakan bulan Januari – Maret 2020 melalui Musyawarah Desa dan Musyawarah Kelurahan. “Tahun 2019 kita telah melakukan validasi, dan bulan Januari – Maret 2020 dilaksanakan uji publik serta penetapan usulan di forum Musdes/Kel”. Ujar Santai.

Operator SIKS-NG Dinas Sosial Melakukan Proses Finalisasi DTKS ke Aplikasi SIKS-NG Kemensos RI

“Selanjutnya data usulan DTKS dari Desa/Kel tersebut dilaksanakan finalisasi ditingkat Kabupaten melalui aplikasi Sistim Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation (SIKS-NG) untuk dilakukan penetapan oleh Kemensos”. Tambah Santai. “Adapun jumlah DTKS Kabupaten Barito Timur sebelumnya berjumlah 5.506 KK, dan setelah diperbaiki tahap ini berjumlah 3.354 KK. Jika ada Rumah Tangga Miskin (RTM) baru yang belum masuk DTKS maka akan dimasukan pada finalisasi tahun 2021. Data DTKS tersebut selanjutnya akan menjadi acuan pemerintah sebagai sasaran pemberian bantuan sosial reguler”. Pungkas Santai mengakhiri keterangannya. (Admin)