DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

TAGANA Bantu Identifikasi Dampak Sosial Banjir Di Kabupaten Barito Timur

Anggota TAGANA Saat Di Lapangan Membantu DPMDSos Kabupaten Barito Timur Melakukan Identifikasi Dampak Sosial Banjir

MEDIA DPMDSos, Tamiang Layang – Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Barito Timur pada pertengahan September 2021 telah menimbulkan dampak sosial kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa/Kelurahan yang ada di 3 (tiga) kecamatan yakni Dusun Tengah, Pematang Karau dan Raren Batuah. Banjir yang terjadi tersebut selanjutnya ditetapkan dengan status siaga darurat oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur dari tangal 16 – 29 September 2021.

Dalam bencana banjir tersebut Taruna Siaga Bencana (TAGANA) sebagai salah satu relawan sosial juga turut serta terlibat aktif dalam penanggulangan bencana mulai dari evakuasi, identifikasi dampak sosial sampai dengan penyaliran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Koordinator TAGANA Barito Timur Wuriani yang mengkoordinir langsung anggota TAGANA di lapangan mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban TAGANA untuk tanggap terhadap bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Barito Timur. “Pada kegiatan penanggulangan banjir ini kami bertindak dibawah koordinasi DPMDSos Kabupaten Barito Timur yakni melakukan kegiatan identifikasi dampak sosial banjir meliputi pendataan jumlah rumah terendam, jumlah keluarga yang terdampak usaha dan mendata jumlah fasilitas umum yang tidak berfungsi selama banjir”, kata Wuri

“Data hasil identifikasi tersebut akan digunakan oleh DPMDSos Barito Timur untuk penanggulangan dampak sosial yang muncul dalam masyarakat pasca banjir, seperti penyaluran bantuan sosial beras atau sembako”, ucap Wury mengakhiri katerangannya. (Admin)