DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

Pembinaan Anggota, Korprov TAGANA Kalteng Kunjungi Barito Timur

Korprov TAGANA Kalteng Bang Lihin Saat Memimpin Yel-Yel Penyemangat TAGANA pada Kegiatan Kunjungan Pembinaan TAGANA Barito Timur

MEDIA DPMDSos, Tamiang Layang – Taruna Siaga Bencana (TAGANA) adalah organisasi sosial dalam bidang penanggulangan bencana baik bencana alam maupun bencana sosial, karena anggota TAGANA adalah relawan sosial maka hal yang terutama dan dikedepankan dalam bertindak adalah melayani dengan hati, demikian dikatakan Koordinator Provinsi TAGANA Kalimantan Tengah Ahmad Sholihin di hadapan anggota TAGANA Kabupaten Barito Timur dalam kegiatan kunjungan pembinaan tanggal 28 Mei 2021 di aula DPMDSos Tamiang Layang.

“Kalau seseorang sudah bersedia menjadi anggota TAGANA maka dia harus komitmen sebagai relawan sosial dan siap membantu masyarakat kapan saja jika diperlukan khususnya terkait dengan kebencanaan. Jika ada anggota TAGANA yang justru tidak aktif kegiatan sampai dengan 6 bulan atau tidak bersedia mematuhi ketentuan yang diterapkan maka lebih baik mengundurkan diri sebagai anggota TAGANA”, lanjut Bang Lihin panggilan akrab Ahmad Sholihin. “Jangan sampai anggota TAGANA tidak memahami hakikat dirinya sebagai relawan sosial, karena berbuat dengan hati dan kepedulian sosial itulah jati diri seorang TAGANA. Oleh karena itu saya mengharapkan kepada seluruh anggota TAGANA Barito Timur khususnya yang direvitalisasi agar bisa aktif di kegiatan TAGANA”, tambah Bang Lihin lagi.

Ditempat yang sama Kepala DPMDSos Kabupaten Barito Timur Ir. Barnusa, MM dalam arahannya menekankan pentingnya peran nyata anggota TAGANA dalam kehidupan masyarakat, tidak hanya dalam hal kebencanaan tapi juga dalam kegiatan sosial masyarakat. “Hendaknya TAGANA bisa menjadi pelopor kepedulian sosial dalam masyarakat. DPMDSos berkomitmen akan membina organisasi TAGANA, namun selain melakukan pembinaan DPMDSos juga akan melakukan evaluasi terhadap anggota TAGANA yang tidak aktif”, papar Pak Kadis. (Admin)