DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

DPMDSos Bartim Bantu Pemulangan 4 Orang Terlantar Asal Sambas Kalbar

Rujukan 4 Orang Terlantar (OT) asal Kabupaten Sambas, Kalbar ke rumah Singgah “SEHATI” Dinas Sosial Palangkaraya

MEDIA DPMDSos, Tamiang Layang – Pada tanggal 4 Pebruari 2021 DPMDSos Barito Timur mendapat rujukan Orang Terlantar (OT) dari Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, Kalsel sebanyak 4 (empat) orang dengan tujuan Kabupaten Sambas, Kalbar. 4 OT tersebut terlantar dari Kabupaten Penajam, Kaltim dan tidak bisa kembali ke Kalbar karena tidak punya biaya.

Menurut Kepala DPMDSos Bartim Ir. Barnusa, MM melalui Kepala Bidang Sosial Santai Nyawit, S.Sos., M.Si berdasarkan keterangan dari pihak Dinas Sosial Tabalong bahwa 4 OT tersebut awalnya tujuan bekerja ke perusahaan perkebunan di daerah Kabupaten Penajam, Kaltim, namun pada perkembangan selanjutnya ternyata pekerjaan yang dijanjikan oleh pihak pencari kerja tidak sesuai. Akhirnya setelah satu minggu lebih di daerah Kabupaten Penajam tidak ada kejelasan pekerjaan akhirnya sedangkan biaya hidup sudah habis memutuskan untuk pulang ke Kalbar. Karena tidak ada biaya dan tidak tahu arah ke Kalbar mereka berjalan kaki selama 3 hari 3 malam ke arah Kalsel. Kemudian menumpang mobil yang lewat ke arah Kalsel sampai di Kota Tanjung dan oleh pemilik mobil tumpangan diantar ke kantor Polsek setempat. Oleh pihak Polsek selanjutnya OT tersebut diantar ke kantor Dinas Sosial Tabalong.

“Karena lintas ke arah Kalbar dari Kabupaten Tabalong terdekat ke Kabupaten Barito Timur maka 4 OT tersebut oleh pihak Dinsos Tabalong dirujuk ke DPMDSos Barito Timur”, ucap Santai.”Mendapat rujukan OT tersebut langsung kita tangani, karena DPMDSos Bartim saat ini tidak memiliki rumah singgah maka OT tersebut kita rujuk ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, sementara mereka ditampung di rumah singgah “SEHATI” milik Dinsos Kota Palangkaraya, untuk selanjutnya dipulangkan ke Kalbar”, tambah Santai (Admin)