DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

Karang Taruna Barito Timur Peringati Sumpah Pemuda Melalui Bakti Sosial

Kegiatan Baksos Karang Taruna Kabupaten Barito Timur Memperbaiki Tempat Pemandian Umum Masyarakat

MEDIA DINSOS, Tamiang Layang – Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan sejarah penting bangsa Indonesia, karena pada momen tersebut oleh pemuda Indonesia diikrarkan tentang persatuan Indonesia. Setiap tahun Sumpah Pemuda selalu diperingati oleh Bangsa Indonesia tida terkecuali oleh organisasi berbasis kepemudaan seperti Karang Taruna.

Sama seperti tahun sebelumnya Karang Taruna Kabupaten Barito Timur tahun 2020 juga memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2020. Namun peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020 oleh Karang Taruna ada perubahan mendasar dikarenakan pandemi Covid-19. Jika tahun sebelumnya perayaan Sumpah Pemuda diperingati satu rangkaian dengan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT), tahun 2020 kegiatan Sumpah Pemuda hanya diisi dengan kegiatan bakti sosial saja dengan peserta yang dibatasi.

Kegiatan Pengecatan Tugu GMTPS Oleh Karang Taruna Pada Kegiatan Baksos Sumpah Pemuda 2020

Bakti sosial hari Sumpah Pemuda tahun 2020 dilaksanakan di Desa Dayu Kecamatan Karusen Janang, bati sosial yang dilaksanakan meliputi pengecatan tugu perdamaian Gerakan Mandau Telawang Pancasila (GMTPS) dan perbaikan sarana pemandian umum warga. Bakti sosial tersebut diikuti oleh sekitar 30 orang anggota Karang Taruna dari wilayah Kecamatan Karusen Janang dan Karang Taruna lain di sekitar Karusen Janang serta diikuti juga oleh Pengurus Kabupaten Karang Taruna Barito Timur.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Barito Timur Santai Nyawit, S.Sos., M.Si menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial Karang Taruna Kabupaten Barito Timur bersama dengan Karang Taruna Kecamatan Karusen Janang tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial kalangan pemuda terhadap masyarakat. “Dengan momentum Sumpah Pemuda kita berharap didiri pemuda Barito Timur akan tumbuh rasa kepedulian sosial kepada masyarakat serta memperkuat rasa nasionalisme”, ucap Santai

Sementara Ketua Karang Taruna Kecamatan Karusen Janang Ariwaratanu, S.Pd menjelaskan bahwa bakti sosial tersebut dilaksanakan secara swadaya dari Karang Taruna. “Kami bersyukur kepada pemuda Karang Taruna karena mau melaksanakan bakti sosial membantu masyarakat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Dayu yang telah mendukung kegiatan bakti sosial Karang Taruna di Desa Dayu”, tutur Tano. (Admin)