DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

Dinsos Bartim Salurkan KKS Tambahan Program Sembako Kemensos

Kegiatan penyaluran KKS Tambahan Program Sembako di Kecamatan Dusun Timur oleh Bank Mandiri

MEDIA DINSOS, Tamiang Layang – Menindaklanjuti Kepmensos RI Nomor : 45/HUK/2020 Tanggal 7 April 2020 tentang Perubahan Atas Kemensos RI No. 29/HUK/2020 tentang jumlah KPM, Lokasi, Besaran Nilai dan Bahan Pangan Lokal dalam Penyaluran Bantuan Program Sembako Tahun 2020, Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur melaksanakan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Sembako di Kabupaten Barito Timur.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur Ir. Riza Rahmadi, MM pada kegiatan penyaluran KKS di Aula Kecamatan Dusun Timur Selasa, 14 Oktober 2020 menjelaskan bahwa KKS yang dibagikan tersebut merupakan KKS tambahan untuk KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Jumlah alokasi KPM tambahan untuk Kabupaten Barito Timur berjumlah 1.031 KPM, namun yang layak disalurkan setelah verval berjumlah 772 KPM”, ungkap Riza Rahmadi. “Sebagai mitra penyalur pemerintah adalah Bank Mandiri KCP MMU Tamiang Layang, setelah KKS diserahkan oleh Bank Mandiri dan diaktifkan maka KPM langsung bisa berbelanja di agen/e-waroeng yang telah ditentukan oleh Bank Mandiri”, tambah Riza Rahmadi. “Kami tegaskan lagi bansos Program Sembako dalam bentuk sembako seperti beras, telor, bawang, daging, sayur, kacang dan komoditas yang mengandung nabati, protein dan karbohidrat, tidak boleh dalam bentuk tunai”, pungkas Riza Rahmadi

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur Santai Nyawit, S.Sos., M.Si menambahkan bahwa bansos Program Sembako adalah bansos regular Kemensos yang ditujukan kepada masyarakat miskin yang terdaftar dalam DTKS. “Di masa pandemi Covid-19 ini bansos Program Sembako juga menjadi salah satu Jaring Pengaman Sosial dampak sosial dari Covid-19. Nilai bansosnya per bulan adalah Rp. 200.000,-“, tutur Santai. (Admin)