DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN SOSIAL Bartim

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur

Desa Malintut Selenggarakan Musdes Verval DTKS Tahun 2020

Dalam rangka verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sebelumnya bernama Basis Data Terpadu (BDT), Desa Malintut Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) verval DTKS pada tanggal 11 Agustus 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD, PSM, Karang Taruna, Ketua RT/RW, perwakilan tokoh masyarakat, serta didampingi oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Raren Batuah Dede Asparanto dan PDP Program Keluarga Harapan (PKH) Raren Batuah Mery Setiani, S.Pd.SD.

Dalam laporan yang disampaikan TKSK Raren Batuah Dede Asparanto kepada Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, kegiatan Musdes baru dilaksanakan sekarang karena ditunda akibat pandemi Covid – 19 bulan Maret 2020, dan baru dilaksanakan dengan menjalankan protokol Covid – 19. Karena kita menjalankan protokol kesehatan maka salah satunya adalah dengan melakukan pembatasan peserta Musdes. Masyarakat yang hadir dibatasi, dan diwakilkan kepada BPD, LKD serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Imbuh Dede

Dalam pelaksanaan Musdes tersebut dibahas tentang Rumah Tangga Miskin (RTM) yang ada di Desa Malintut berdasarkan kriteria 14 kemiskinan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk dimasukan ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Adapun  jumlah DTKS Desa Malintut saat ini berjumlah 59 RTM, kemudian setelah Musdes jumlah RTM yang dikeluarkan sebanyak 6 RTM, dan usulan baru sebanyak 3 RTM. Total RTM Desa Malintut yang dimasukan ke dalam DTKS berdasarkan hasil Musdes sebanyak 53 orang. Ada pengurangan angka kemiskinan sebanyak 6 RTM. Ungkap Dede dalam laporannya. (Adm)